Strategi Kreatif Iklan

By Prastomo, 05 April 2019


Prastomo Aji S
MKV 101
NIM 180333070009
No Ujian : 017/18-MKV/UTS2/2019
Strategi kreatif Iklan
UTS PAKET A
1.       Jelaskan tentang arti Creative Thingking sesuai alur dibawah ini
              

Jawab : Cretaive Thinking adalah, suatu pemikiran dengan cara kreatif dalam membuat sesuatu dengan hasil dari pemikiran dan menciptakan sebuah inovasi.
Alur Creative Thinking
a)       What is : Apa yang mau dibuat?
b)      Who is for : Dibuat untuk siapa?
c)       How it Work : Bagaimana cara kerjanya?
d)      Who are you talking about : Siapa yang anda bicarakan?
e)      How to accsess : bagaimana cara mengaksesnya/menelusurinya
f)        What you need : Apa yang kamu butuhkan?
g)       Why : Mengapa
h)      How : Bagaimana
i)        What : Apa



   2.      Dalam marketing brief biasanya klien mencantumkan SWOT yaitu :
Strength, Weakness, Opportunity, Threat. Tujuannya adalah  mampu menganalisa suatu produk ihadapkan atau dibandingkan dengan produk pesaing, serta kondisi dan kecenderungan pasar ( market trend ).
Buatlah analisa SWOT untuk Produk Susu Ultra Jaya untuk membantu dalam pembuatan iklan.
Jawab :
   1.      Strength (Kekuatan)
Kekuatan utama PT Ultrajaya terletak pada visi pemasaran yang terfokus terus menerus membangun merek yang kuat dan memperlebar ragam produk makanan dan minuman untuk memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia. Untuk melaksanakan hal ini, PT Ultrajaya telah melakukan investasi yang signifikan dalam aktivitas pemasaran, teknologi, pengembangan produk dan yang paling penting distribusi.
Kelebihan dari PT Ultrajaya Milk Industry adalah:
   a.      SDM yang besar dan terlatih
   b.      Harga produk yang kompetitif
   c.       Keadaan distribusi dan pangsa pasar
   d.      Loyalitas konsumen terhadap produknya
   e.       Pertumbuhan penjualan

   2.      Weakness (Kelemahan)
    a.       Ketersediaan bahan baku
    b.      Biaya produksi yang tinggi

   3.      Opportunities (Peluang)
   a.       Industri makanan dan minuman di Indonesia memiliki harapan yang sangat positif. Negara ini memiliki populasi besar dan mengalami pertumbuhan ekonomi yang luar biasa. Meningkatnya daya beli konsumen telah membuat produk-produk makanan menjadi lebih terjangkau oleh masyarakat luas. Sebagai perusahaan makanan dan minuman yang terkemuka di Indonesia, PT Ultrajaya berada pada posisi yang sangat menguntungkan dengan kondisi tersebut.
   b.      Dengan keunggulan posisi perusahaan sebagai pemimpin pasar, peluncuran produk-produk baru untuk mengisi celah pasar yang ada, dan tekad bulat kami terhadap kualitas terbaik, akan memastikan bahwa perusahaan ini dapat meraih pangsa pasar yang lebih besar di Indonesia dimasa mendatang.
   c.       Membuat inovasi baru terhadap produk yang dapat bersaing dengan perusahaan lain.
    
   4.      Threat (Ancaman)
    a.       Adanya persaingan harga
    b.      Masuknya para pesaing baru
    c.       Fluktuasi nilai tukar rupiah
    d.      Iklim yang dapat menjadikan tumbuhan teh tidak baik
    e.       Pesaing produk untuk minuman teh kotak



3)   Pada bentuk iklan cetak koran ada yang kita kena;l dengan iklan Advertorial, iklan Advetorial adalah iklan yang disajikan dengan gaya bahasa jurnalistik., Buatlah iklan advertorial untuk Politeknik LP3I Kampus Depok.
Jawab :
Naskah Iklan :

LP3I Jakarta, Kampus Depok Lulus langsung laku! Cepat dan Tepat Kerja.
7 ALASAN KENAPA HARUS LP3I
   1)    Garansi Sampai Kerja
   2)    28 Tahun Berpengalaman di Pendidikan Vokasi
   3)    Pengajar praktisi dan berpengalaman di Dunia industri
   4)    Dapat Sertifikasi Kompetensi LSP-BNSP & Internasional
   5)    Berkerja sebelum  Wisuda
   6)    Pembinaan Wirausaha mandiri
   7)    Lebih banyak pengajar praktisi dari pada akademisi

Program Keahlian ada 5 :
-       AP (Administrasi Perkantoran)
-       KA (Komputerisasi Akutansi)
-       IK (Informatika Komputer)
-       MKV (Multimedia & Komunikasi Visual)
-       ABI (Administrasi Bisnis Internasional)

4)   Iklan kreatif adalah seni dalam dimensi kreatifnya dan sekaligus sains dalam dimensi strategisnya.  Buatlah sebuah iklan untuk media cetak berupa iklan Layanan Masyarakat tentang bahaya merokok. Menggunakan  software desain apa saja. Ukuran A4.Buatlah dengan menggabungkan gambar-gambar yang memiliki tujuan akhir mengajak orang untuk berhenti merokok karena ingin hidup sehat.
Jawab :
Edited by Prastomo



5)    Buatlah naskah iklan produk untuk media radio dengan brief Client sebagai berikut :



Nama Klien     : PT.Amerta Indah Otsuka
Merek/Brand   : SoyJoy
Media              : Radio
Durasi             : 30 sec


Naskah harus mampu mendeskripsikan bahwa Soyjoy adalah Produk makanan ringan yang menginspirasi orang-orang untuk hidup sehat.

Lengkap dengan unsur-unsur pada iklan Radio seperti :
·         Mvo/Fvo,
·         Sfx,
·         Music/Jinggle,
·         Narator
   Jawab :
   Naskah Iklan Radio SoyJoy :
·         SFX            : (sfx kicauan burung)
·         FVO           : “duuuh pengen makan buah, enaknya buah apa yah? Hmmm”
·         MVO           : “hei sis kamu bingung mau makan buah? Tenang... aku solusinya
   Ini dia SoyJoy..”
       ·         FVO     : “Hah? Soyjoy apaan tuh?”
       ·         Jingle   : “Happy Song”
       ·         MVO     : “SoyJOy, snack sehat yang terbuat dari kedelai utuh dan buah-buahan asli
                yang dikeringkan sis.”
       ·         FVO     : “Waaaahh pasti enak, mau cobain dong gan”
       ·         MVO     : “Eiitsss nanti dulu... SoyJoy juga mengandung nutrisi penting sebagai sumber
                       protein, serat dan vitamin loooh. Nih kamu cobain Soyjoynya”
       ·         FVO     : “Makasih ganteng”
       ·         SFX      : “Makan soyjoy, Krok Krok Krok”
       ·         FVO     : ”Hmmm ternyata enak dan lembut untuk dimakan, nanti aku minta lagi ya gan.. hehe”
       ·         MVO     : “Enak aja beli dong”
       ·         FVO     : “Huhh..Dasar pelit!”
       ·         Narator : “SOYJOY, Healthylicious!

 TERIMAKASIH


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Anatomi Naskah Iklan Media Cetak

Jawaban Pihak Ultrajaya Soal Susu UHT Mengandung Bakteri

Sama-sama Smartphone Premium, Oppo F9 vs Vivo V11, Bagus Mana?