Anatomi Naskah Iklan Media Cetak
By Prastomo - 28 Februari 2019
Media Cetak adalah sebuah media yg menyampaikan informasi secara tertulis yg memiliki manfaat buat masyarakat atau buat kepentingan rakyat banyak.
contoh :
1) koran
2) majalah
3) tabloid
4) brosur
5) pamflet
6) poster
7) buletin
8) Ebook
9) Surat kabar mingguan
10) majalah mingguan
ANATOMI
NASKAH IKLAN MEDIA CETAK
Iklan cetak umumnya memiliki unsur-unsur utama yang menggunakan
istilah-istilah sebagai berikut:
a. Headline atau judul yang tentu harus ada kaitannya dengan bodycopy
b. Visual, ilustrasi, gambar atau foto orang atau apa pun yang berkaitan
dengan konsep kreatif atau produk itu sendiri.
c. Bodycopy atau teks yang memberikan informasi lebih rinci tentang
produk atas jasa yang dijual.
d. Product shot atau foto produk yang menampilkan nama
merk. Product shot bisa berupa main visual atau
ilustrasi utama.
r
e. Baseline yang biasanya terletak paling bawah di layout iklan.
Di bagian ini bisa dimasukka tagline, slogan, catch phrase,
atau nama dan alamat perusahaan pengiklan.
f. Kupon yaitu pengiklan menginginkan response langsung dari
sasaran atau untuk kepentingan survey konsumen dengan pencantuman kode
tertentu.
g. Flash yaitu misalnya perkataan “Baru”, “Harga Diturunkan” dan
sebagainya yang ditulis dalam bentuk grafis tertentu unutk mendapat perhatian
khusus konsumen.
Beberapa contoh Anatomi naskah media cetak :
Contoh 1 :
SWOT dari Produk Samsung :
1) Strength (Kekuatan) :
a). Desain produk-produk Samsung sangat baik dan diunggulkan.
b). Teknologi yang diciptakannya mengikuti perkembangan jaman.
c).Samsung selalu meningkatkan inovasi-inovasi pada perkembangan produknya
2) Weaknes (Kelemahan) :
a). Samsung harus terus menerus mengatur seluruh biaya untuk tetap sukses.b).Samsung belum memiliki jaringan penjualan dan pelayanan yang sebanding dengan pesaingnya.
3) Oportunity (Peluang) :
a). Era digital yang terus berkembang di jaman yang semakin modern inib). Tingkat gengsi pada masyarakat yang selalu ingin memiliki produk elektronik terbaru dan tercanggih
c). Pengaruh era globalisasi yang mendorong pemasaran barang elektronik tiada batas.
4) Threath (Ancaman) :
a). Konsumen memiliki banyak pilihan terhadap merek lain.
b). Munculnya produk-produk baru yang lebih inovatif dari perusahaan lain
_________________________________
Contoh 2 :
SWOT dari produk Shampoo CLEAR :
- Strenght (kekuatan):
1. Produk sudah dikenal banyak orang.
2. Harga terjangkau oleh semua kalangan masyarakat.
3. Banyak terdapat varians wangi, sesuai keinginan dan kebutuhan rambut masyarakat.
2. Harga terjangkau oleh semua kalangan masyarakat.
3. Banyak terdapat varians wangi, sesuai keinginan dan kebutuhan rambut masyarakat.
- Weakness (kelemahan):
1. Kurang melakukan promosi baik melalui media sosial maupun media cetak.
2. Memiliki banyak saingan sejenis.
3. Kemasan tidak variatif.
2. Memiliki banyak saingan sejenis.
3. Kemasan tidak variatif.
- Oportunity (Peluang):
1. Banyak wanita yang mengeluhkan rambut lepek sehingga membutuhkan shampo yang mengatasi masalah rambut lepek. .
2. Semua orang menggunakan shampo.
3. Terdapat banyak Supermarket dan Mall di Indonesia yang membantu meningkatkan penjualan produk.
2. Semua orang menggunakan shampo.
3. Terdapat banyak Supermarket dan Mall di Indonesia yang membantu meningkatkan penjualan produk.
- Threat (Ancaman):
1.Munculnya banyak produk shampo yang baru.
2. Munculnya produk baru dengan harga yang lebih terjangkau.
3. Masuknya pemalsuan produk dari Cina.
2. Munculnya produk baru dengan harga yang lebih terjangkau.
3. Masuknya pemalsuan produk dari Cina.
Komentar
Posting Komentar