Anatomi Naskah Iklan Media Cetak

By Prastomo - 28 Februari 2019

Media Cetak adalah sebuah media yg menyampaikan informasi secara tertulis yg memiliki manfaat buat masyarakat atau buat kepentingan rakyat banyak.
contoh :
1) koran
2) majalah
3) tabloid
4) brosur
5) pamflet
6) poster
7) buletin
8) Ebook
9) Surat kabar mingguan
10) majalah mingguan


ANATOMI NASKAH IKLAN MEDIA CETAK


Iklan cetak umumnya memiliki unsur-unsur utama yang menggunakan istilah-istilah sebagai berikut:
a.       Headline atau judul yang tentu harus ada kaitannya dengan bodycopy

b.      Visual, ilustrasi, gambar atau foto orang atau apa pun yang berkaitan dengan konsep kreatif atau produk itu sendiri.

c.       Bodycopy atau teks yang memberikan informasi lebih rinci tentang produk atas jasa yang dijual.

d.      Product shot atau foto produk yang menampilkan nama merk. Product shot bisa berupa main visual atau ilustrasi utama.
r
e.      Baseline yang biasanya terletak paling bawah di layout iklan. Di bagian ini bisa dimasukka tagline, slogan, catch phrase, atau nama dan alamat perusahaan pengiklan.

f.        Kupon yaitu pengiklan menginginkan response langsung dari sasaran atau untuk kepentingan survey konsumen dengan pencantuman kode tertentu.

g.       Flash yaitu misalnya perkataan “Baru”, “Harga Diturunkan” dan sebagainya yang ditulis dalam bentuk grafis tertentu unutk mendapat perhatian khusus konsumen.

Pengertian Analisis SWOT beserta manfaat, tujuan, dan contoh analisis SWOT dalam penerapannya. Pernah mendengar istilah analisa SWOT? Menganalisis SWOT adalah suatu upaya yang dilakukan dalam kegiatan usaha untuk penetapan strategi bisnis. Biasanya, analisis ini menggunakan panduan sistematis atau kerangka dalam menjalankan diskusi agar lebih terarah dan fokus pada hal yang ingin dicapai. Analisis tersebut juga bisa dijadikan sebagai pertimbangan suatu perusahaan untuk mengambil keputusan dalam pengembangan bisnis yang dijalani.

Beberapa contoh Anatomi naskah media cetak :

Contoh 1 :
SWOT dari Produk Samsung :

1) Strength (Kekuatan) :
a). Desain produk-produk Samsung sangat baik dan diunggulkan.
b). Teknologi yang diciptakannya mengikuti perkembangan jaman.
c).Samsung selalu meningkatkan inovasi-inovasi pada perkembangan produknya 

2) Weaknes (Kelemahan) :
a). Samsung harus terus menerus mengatur seluruh biaya untuk tetap sukses.
b).Samsung belum memiliki jaringan penjualan dan pelayanan yang sebanding dengan pesaingnya. 

3) Oportunity (Peluang) : 
a). Era digital yang terus berkembang di jaman yang semakin modern ini
b). Tingkat gengsi pada masyarakat yang selalu ingin memiliki produk elektronik terbaru dan tercanggih
c). Pengaruh era globalisasi yang mendorong pemasaran barang elektronik tiada batas.


4) Threath (Ancaman) : 
a). Konsumen memiliki banyak pilihan terhadap merek lain.
b). Munculnya produk-produk baru yang lebih inovatif dari perusahaan lain
_________________________________

Contoh 2 :
SWOT dari produk Shampoo CLEAR :
  • Strenght (kekuatan):
1. Produk sudah dikenal banyak orang.
2. Harga terjangkau oleh semua kalangan masyarakat.
3. Banyak terdapat varians wangi, sesuai keinginan dan kebutuhan rambut masyarakat.

  • Weakness (kelemahan):
1. Kurang melakukan promosi baik melalui media sosial maupun media cetak.
2. Memiliki banyak saingan sejenis.
3. Kemasan tidak variatif.

  • Oportunity (Peluang):
1. Banyak wanita yang mengeluhkan rambut lepek sehingga membutuhkan shampo yang mengatasi masalah rambut lepek. .
2. 
Semua orang menggunakan shampo. 
3. 
Terdapat banyak Supermarket dan Mall di Indonesia yang membantu meningkatkan penjualan produk.

  • Threat (Ancaman):
1.Munculnya banyak produk shampo yang baru.
2. Munculnya produk baru dengan harga yang lebih terjangkau. 
3. Masuknya pemalsuan produk dari Cina.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jawaban Pihak Ultrajaya Soal Susu UHT Mengandung Bakteri

Sama-sama Smartphone Premium, Oppo F9 vs Vivo V11, Bagus Mana?